Rabu, 09 Juli 2014

RANGKAIAN DIMMER LAMPU

A.      PENGERTIAN DIMMER LAMPU


Gambar Rangkaian Dimmer Lampu Sederhana
     Rangkaian dimmer lampu pijar ini berfungsi untuk mengatur tingkat intensitas cahaya penerangan lampu pijar. Rangkaian ini bisa diatur mulai dari yang redup hingga ke remang-remang sampai ke nyala lampu yang terang. Dan juga bisa membuat rangkaian dimmer pengatur nyala lampu dengan pola sederhana. Di dalam rangkaian dimmer ini, terdapat 3 komponen penting guna mengatur kerja dimmer ini. Komponen TRIAC berfungsi untuk mengatur besaran tegangan AC yang masuk ke perangkat lampu ini. Sementara komponen DIAC dan VR berfungsi untuk mengatur bias TRIAC guna menentukan titik on dan off pada komponen TRIAC ini. Daya output rangkaian dimmer ini dapat digunalan untuk mengendalikan intensitas cahaya lampu pijar dengan daya 5 Watt. Pada rangkaian ini potensiometer berfungsi sebagai sensor mekanis pengatur besar kecilnya lampu atau transduser pasif yang perlu mendapatkan daya dari luar.
     Rangkaian dimmer ini hanya cocok untuk di pakai untuk lampu pijar saja. Jika digunakan untuk lampu neon atau TL, dan juga lampu hemat energi, rangkaian ini tidak bisa bekerja sempurna. Bahkan rangkaian dimmer akan mengalami kerusakan pada rangkaian dimmer tersebut. Rangkaian dimmer lampu pijar pada gambar diatas dapat digunakan untuk jaringan listrik PLN 220VAC.


B.       KOMPONEN RANGKAIAN DIMMER LAMPU
     Beberapa komponen yang dipakai dalam rangkaian dimmer lampu adalah sebagai berikut :
1.      Potensiometer 220K
2.      TRIAC BT138
3.      DIAC BR100
4.      Resistor 1K
5.      Kapasitor 100nF/500V
6.      Lampu Pijar
7.      Steker

     Potensiometer adalah resistor tiga terminal dengan sambungan geser yang membentuk pembagi tegangan dapat disetel. Jika hanya dua terminal yang digunakan (salah satu terminal tetap dan terminal geser), potensiometer berperan sebagai resistor variabel atau Rheostat. Potensiometer yang dioperasikan oleh suatu mekanisme dapat digunakan sebagai transduser, misalnya sebagai sensor pada dimmer lampu.
     TRIAC atau Triode for Alternating Current (Trioda untuk arus bolak-balik) adalah sebuah komponen elektronik yang kira-kira ekivalen dengan dua SCR yang disambungkan antiparalel dan kaki gerbangnya disambungkan bersama. Nama lain TRIAC adalah Bidirectional Triode Thyristor. Ini menunjukkan saklar dua arah yang dapat mengalirkan arus listrik ke kedua arah ketika dipicu (dihidupkan). Ini dapat dipicu baik dengan tegangan positif atau pun negatif pada elektrode gerbang. Sekali dipicu, komponen ini akan terus menghantarkan sampai arus yang mengalir lebih rendah dari arus genggamnya, misal pada akhir paruh siklus dari arus bolak-balik. Hal tersebut membuat TRIAC sangat cocok untuk mengendalikan tegangan AC, memungkinkan pengendalian arus yang sangat tinggi dengan arus kendali yang sangat rendah.

C.      PRINSIP KERJA DIMMER LAMPU
     Rangkaian lampu dimmer pada gambar rangkaian diatas dibangun dengan TRIAC tipe BT138 yang dikontrol menggunakan DIAC tipe BR100 dan potensiometer P1 220KOhm. Intensitas nyala lampu pada rangkaian lampu dimmer dengan TRIAC ini dikontrol dengan cara mengatur arus yang diberikan ke bola lampu melalui TRIAC. Secara teknis pengontrolan intensitas cahaya lampu dilakukan dengan mengatur tuas potensiometer P1 220 KOhm. Arus output pada lampu dikendalikan oleh tegangan gate TRIAC TR1 melalui DIAC BR100 dari output pembagi tegangan potensiometer P1. Semikin tinggi tegangan yang diberikan ke gate TRIAC TR1 maka arus yang diberikan ke beban akan semakin besar. Untuk beban lampu yang besar TRIAC TR1 BT138 membutuhkan pendingin (heat sink) kecil untuk meredam panas yang timbul karena kerja TRIAC. Rangkaian lampu dimmer dengan TRIAC ini sangat sederhana dan dapat dibuat dengan mudah menggunakan PCB lubang ataupun tanpa menggunakan PCB.
   Pada rangkaian ini menggunakan DIAC type 153X pengganti dari DIAC BR100. Apabila menggunakan DIAC type 153X yang terjadi adalah arus yang masuk ke TRIAC terlalu besar sehingga perbedaan terang dan redup tidak terlalu signifikan, sedangkan apabila menggunakan DIAC type BR100 yang terjadi adalah arus yang masuk ke TRIAC tidak terlalu besar sehingga nyala terang, redup dan mati sangat terlihat jelas.
     Pada prinsipnya rangakaian dimmer ini mengatur tegangan yang diberikan untuk menyalakan lampu pijar menggunakan TRIAC sebagai komponen utama. Semakin besar tegangan gate TRIAC maka semakin kuat intensitas cahaya yang dihasilkan. Pengaturan tegangan bias TRIAC dikendalikan oleh potensiometer.
     Rangkaian lampu dimmer dengan TRIAC ini bekerja dengan sumber tegangan AC 220 Volt yang berbahaya. Jangan menyentuh jalur rangkaan lampu dimmer pada saat rangkaian beroperasi. rangkaian dimmer 1000 watt, dimmer lampu 1000 watt, rangkaian dimmer arus dc, rangkaian triac, rangkaian dimmer ac, skema driver lampu led, prinsip kerja dimmer, prinsip kerja lampu dimmer, cara merakit dimmer, skema rangkaian lampu dimmer.

D.      APLIKASI PENGEMBANGAN DIMMER LAMP
     Menyalakan lampu di siang hari bagi pemotor sudah diatur dalam yaitu dalam pasal 107 Undang-Undang No.22 Tahun 2009 nomor 1 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan berikut :
"1. Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib menyalakan lampu utama Kendaraan Bermotor yang digunakan di Jalan pada malam hari dan pada kondisi tertentu.
2. Pengemudi Sepeda Motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari."
     Meskipun Undang-undang sudah mengatur tapi kenyataannya masih banyak pengendara yang melanggar ketentuan tersebut. Salah satu alasnnya adalah apabila di tilik dari segi ekonomi hal tersebut menyebabkan aki/accu motor menjadi boros.
     Melihat realita yang ada di masyarakat, saya membuat ide untuk membuat rangkaian dimmer lampu bagi kendaraan bermotor seperti mobil atau motor. Rangkaian dimmer lampu ini bisa di aplikasikan pada kendaraan bermotor sebagai pengatur nyala lampu motor. Jadi pengemudi bisa mengatur nyala lampu motor sesuai dengan keadaan atau cuaca pada waktu siang hari. Apabila cuaca mendung lampu bisa di atur lebih terang, dan apabila cuaca cerah lampu bisa di atur redup.
     Prinsip kerjanya pun sama dengan rangkaian dimmer lamp seperti yang saya jelaskan di atas. Ini bisa menjadi salah satu solusi bagi pengemudi yang ingin hemat accu motor dan mematuhi undang-undang yang berlaku, karena kita tahu apabila tidak menyalakan lampu di siang hari polisi bisa kapan saja menilang kita.


E.       DAFTAR PUSTAKA

12 komentar:

  1. Tolong dong Reperensinya beli Diac BR100 di toko mana (online),karena susah sering dikasihnya DB3

    BalasHapus
  2. Di toko elektronika,kalau si penjual ngak paham tunjuka aja poto diac BR100 bang.

    BalasHapus
  3. Makasih kak artilel nya semoga sukses selaluvilla di puncak

    BalasHapus
  4. makasih ini berguna skali buat sya

    BalasHapus
  5. makasih ini berguna skali buat sya

    BalasHapus
  6. Min, bisa kestrum gk kali pegang potensio nya yg besi

    BalasHapus
  7. Cara pengukurannya gimana bro

    BalasHapus
  8. Disc br100 apa ada ganti atau persamaannya? Ditempat saya sudah carinya?

    BalasHapus
  9. Ada toko online yang jual disc br 100,di malang susah carinya

    BalasHapus